Kaya Vitamin, Ini Sederet Buah Padat Yang Layak Dikonsumsi saat Puasa

  • Bagikan
Foto: Buah pisang/Pixabay

HARIAN BERKAT – Buah kaya akan vitamin dan bisa jadi sumber energi untuk bantu jaga kadar gula darah selama puasa. Tak hanya itu, buah juga mengandung serat yang bisa bikin rasa kenyang bertahan lebih lama.

Berikut sederet buah pilihan terbaik untuk sahur karena padat akan nutrisi, antara lain:

Baca Juga: Tetap Kuat, Ahli Sarankan Konsumsi Sayur dan Buah Selama Menjalankan Puasa

1. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah terbaik yang bisa diandalkan saat sahur karena lemak sehat yang terkandung di dalam alpukat dapat memperlambat pengosongan lambung hingga memberikan rasa kenyang yang bertahan lama.

Tak hanya lemak sehat, ada juga serat dalam alpukat yang berkontribusi terhadap rasa kenyang.

2. Semangka

Tak cuma lewat asupan serat, rasa kenyang juga bisa muncul dengan hidrasi yang cukup. Salah satunya melalui asupan semangka yang umumnya mengandung 92 persen air. Beberapa penelitian menemukan, mengonsumsi cairan selama atau sebelum makan dapat membantu meningkatkan rasa kenyang.

3. Pisang

Satu buah pisang utuh umumnya mengandung 3,5 gram serat. Jumlah serat dalam pisang bisa berkontribusi terhadap kebutuhan serat harian.

Tak hanya itu, pisang juga merupakan sumber pati resisten terbaik. Tak hanya membantu lebih kenyang, jenis karbohidrat sehat ini juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

4. Plum

Rasanya yang manis bikin buah plum nikmat disantap saat sahur. Sejumlah penelitian menemukan, asupan buah satu ini dapat membantu menekan rasa lapar. Khasiat ini didapat dari kandungan sekitar 6 gram serat dalam setiap 150 gram buah plum.

  • Bagikan