Ani Sofian Sampaikan Ucapan Selamat Idulfitri dengan Bahasa Isyarat, Jadi Simbol Inklusi Bagi Warga

  • Bagikan
Ani Sofian
Pj Wali Kota Pontianak Ani Sofian menyampaikan ucapan Selamat Idulfitri dengan bahasa isyarat. FOTO : kominfo/prokopim-Ptk

HARIAN BERKAT – Ada momen istimewa sesaat menjelang Hari Raya Idulfitri kali ini. Pj Wali Kota Pontianak Ani Sofian menyampaikan ucapan Selamat Idulfitri 1445 Hijriyah dengan menggunakan bahasa isyarat.

Meski baru pertama kali, namun ia berusaha untuk mengikuti tutorial gerak bahasa isyarat. Ucapan dengan menggunakan bahasa isyarat ini ia lakukan untuk menyampaikan pesan kebahagiaan kepada penyandang disabilitas yang juga merayakan Idulfitri, khususnya tuna rungu dan tuna wicara.

Ani Sofian mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak selalu memberikan kesempatan yang sama bagi setiap individu.

“Setiap individu memiliki hak yang sama dalam menerima informasi dan dukungan dalam berbagai kesempatan, termasuk momen kebahagiaan seperti Hari Raya Idulfitri ini,” ujar Ani Sofian usai taping video ucapan selamat Idulftiri di kediaman dinas, Senin 8 April 2024.

Baca Juga : Jadwal Open House Kediaman Pj Wako dan Sekda, Digelar Satu Hari

Sebelumnya, Pemkot Pontianak lewat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Pontianak dan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pontianak telah membuka kelas berbahasa isyarat kepada pekerja sosial, ASN di lingkup Pemkot Pontianak sampai masyarakat umum.

Dengan menggunakan bahasa isyarat, Ani berharap dapat lebih merangkul dan mengakomodasi keberagaman masyarakat, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan. Ucapan Idulfitri menggunakan bahasa isyarat ini juga sebagai simbol inklusi bagi semua warga. Lebih baik lagi, lanjutnya, jika setiap orang mau mempelajari bahasa isyarat.

Ani Sofian
Ucapan Selamat Idulfitri 1445 Hijriyah disampaikan Pj Wali Kota Pontianak Ani Sofian dengan bahasa isyarat di videotron. FOTO : kominfo/prokopim-Ptk

“Saya berharap dengan menyampaikan ucapan Selamat Idulfitri menggunakan bahasa isyarat ini dapat membuat seluruh warga, termasuk penyandang disabilitas ikut merasakan kebahagiaan dalam menyambut lebaran, bahkan akan lebih baik setiap orang mau belajar bahasa isyarat,” harap Ani Sofian.

  • Bagikan