Indonesia-Microsoft Jajaki Peluang Pengembangan Teknologi

  • Bagikan
Presiden Jokowi menerima kunjungan Microsoft membahas kerjasama pengembangan sumber daya manusia dan teknologi.

HARIAN BERKAT –  Pemerintah Indonesia-Microsoft jajaki kerjasama pengembangan sumber daya manusia dan teknologi, khususnya dalam bidang kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Kerjasama itu dilakukan saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Microsoft di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa 30 April 2024.

Baca Juga: Kolaborasi G20 EMPOWER – Microsoft Indonesia, Perempuan Menguasai Teknologi Digital

“Tadi sudah bicara dengan Pak Presiden mengenai pengembangan sumber daya manusia dan membangun pusat riset bersama antara Microsoft dan pemerintah Indonesia,” ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi kepada wartawan.

“Terutama dalam pembentukan digital talent terutama dalam bidang AI, termasuk membuka pusat riset di Indonesia,” katanya.

Budi menjelaskan, Microsoft memiliki pusat penelitian dan pengembangan Asia-Pasifik yang diharapkan dapat dibangun juga di Indonesia. Hal tersebut diharapkan dapat mendukung pemerintah Indonesia dalam membangun smart city di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Microsoft punya Asia Pacific Research and Development Center. Pak Presiden meminta agar salah satunya dibangun di Indonesia, tempatnya terserah, ada beberapa daerah, termasuk di IKN, Bali, tawarannya itu,” terangnya.

  • Bagikan