Marak Pembakaran Alquran, Warga Irak Bakar Kedubes Swedia

  • Bagikan
Foto: Warga Irak Bakar Kedubes Swedia

HARIAN BERKAT – Kedutaan besar Swedia di Baghdad pusat dibakar oleh para demonstran. Aksi pembakaran tersebut lantaran mereka marah dengan maraknya aksi pembakaran Alquran di Swedia.

Penyerbuan kedubes Swedia oleh para demonstran yang membawa bendera dan asesoris pendukung ulama Syiah Irak, Muqtada al-Sadr, terjadi pada Kamis 20 Juli 2023 pagi.

Baca Juga: Setelah Alquran, Demonstran Swedia akan Membakar Kitab Taurat

Saat aksi itu terjadi, semua staf kedutaan berhasil dievakuasi dengan selamat. Kemenlu Swedia mengutuk serbuan tersebut dan menyoroti perlunya otoritas Irak perlindungan misi diplomatik.

“Pemerintah Irak telah menginstruksikan otoritas keamanan yang kompeten untuk melakukan penyelidikan mendesak dan mengambil langkah-langkah keamanan yang diperlukan untuk mengungkap keadaan insiden tersebut dan mengidentifikasi pelaku tindakan ini dan meminta pertanggungjawaban mereka sesuai dengan hukum,” kata kementerian luar negeri dalam sebuah pernyataan.

Menjelang fajar pada hari Kamis, pasukan keamanan telah dikerahkan di dalam kedutaan dan asap mengepul dari gedung saat petugas pemadam kebakaran memadamkan bara yang membandel, menurut para saksi.

Sebagian besar pengunjuk rasa telah mundur, dengan beberapa lusin berkeliaran di luar kedutaan.

Para demonstran bersumpah akan terus melakukan aksi protes “jika ada lagi pembakaran Alquran terjadi”, tambah Abdelwahed dari Al Jazeera.

Para demonstran siap untuk “mengambil tindakan sendiri” jika “pemerintah Irak tidak segera membubarkan misi diplomatik Swedia”, katanya.

Demonstrasi hari Kamis diorganisir oleh para pendukung Muqtada al-Sadr karena mengetahui rencana pembakaran Alquran kedua di depan kedutaan Irak di Stockholm pada hari Kamis.

  • Bagikan