Kemudahan Mengakses Informasi Pembangunan Jalan Melalui Sigislan

  • Bagikan
Jalan
Pemerintah Provinsi Kalbar melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melahirkan sebuah inovasi bernama Strategi Peningkatan Kinerja Jalan Melalui Sistem Integrasi GIS Jalan (Sigislan) di Provinsi Kalbar. FOTO : Pemprov Kalbar

HARIAN BERKAT – Menghadapi tantangan transformasi Digital saat ini, dilingkungan pemerintah dituntut mampu untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan dunia Digitalisasi.

Oleh karenanya, Pemerintah Provinsi Kalbar melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melahirkan sebuah inovasi bernama Strategi Peningkatan Kinerja Jalan Melalui Sistem Integrasi GIS Jalan (Sigislan) di Provinsi Kalbar.

Yang di Launching secara langsung dengan menekan tombol pada layar videotron Oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, Drs. Alfian Salam, M.M., bersama Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalbar, Iskandar Zulkarnain, S.T., M.T., bertempat di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Senin 2 Oktober 2023.

Baca Juga : Tampil Fashion Show di Istana Berbatik, PJ Gubernur Harisson Bangga Pamerkan Batik Khas Kalbar

Usai melakukan launching, Plh. Sekda Provinsi Kalbar Drs. Alfian Salam, M.M., mengungkapkan bahwa inovasi yang dilahirkan Dinas PUPR ini merupakan salah satu terobosan untuk dapat memberikan informasi terkait perkembangan kondisi jalan di Kalbar.

“Jadi, melalui aplikasi bernama SIGISLAN ini diharapkan mampu memberikan informasi akurat terkait perkembangan jalan terutama yang sifatnya jalan Provinsi, jalan Nasional maupun jalan Kabupaten dan Kota,” terangnya.

Untuk Sigislan sendiri, kedepannya diharapkan dapat juga menjadi bahan evaluasi data serta menjadi langkah awal untuk merumuskan kebijakan-kebijakan dalam rangka peningkatan dan pembangunan jalan di Kalbar.

“Nah, kita harapkan juga dari SIGISLAN ini dapat diketahui sebagai rancangan perencanaan awal untuk pengembangan maupun pemeliharaan. Selain itu, aplikasi ini dapat terlihat juga bagaimana kondisi pemantapan jalan di Kalbar baik yang telah dilakukan dari tahun ketahun sehingga melalui aplikasi ini bisa diketahui,” ujar Alfian.

  • Bagikan