Sandiaga Uno Paparkan Kiat Tingkatkan Kelas UMKM Kalbar

  • Bagikan
UMKM
Menteri Parekraf RI, Sandiaga Salahudin Uno didampingi Penjabat Gubernur Provinsi Kalbar, Harisson dan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalbar, Windy Prihastari, hadir sebagai pembicara pada seminar di Pendopo Gubernur Kalbar. FOTO : Pemprov Kalbar

HARIAN BERKAT – Tiba di Kalimantan Barat (Kalbar), Menteri Parekraf RI, Sandiaga Salahudin Uno didampingi Penjabat Gubernur Provinsi Kalbar, dr. Harisson dan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalbar, Windy Prihastari, S.STP, M.Si, hadir sebagai pembicara pada seminar.

Tentang sinergitas dan kolaborasi antar Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Komunitas masyarakat untuk membangun Pelaku Budaya UMKM EKRAF agar naik kelas dan mampu Go Internasional dan Pelantikan Pengurus DPP UMKM Mandiri di Pontianak, di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Sabtu 18 November 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Parekraf RI, Sandiaga Salahudin Uno kembali membagikan tips kepada para pelaku UMKM yang ada di Kalimantan Barat (Kalbar) agar produk mereka mampu menembus pasar Internasional.

Baca Juga : Pj Gubernur Kalbar Harisson Sambut Menparekraf Sandiaga Uno

“Setiap pelaku industri harus memahami bahwa perkembangan teknologi jelas akan mempengaruhi kualitas dan kemajuan produk yang dihasilkan. Agar bisa Go Internasional, produk industri baik yang dilakukan dalam skala besar maupun skala kecil, tidak bisa di pungkiri untuk bisa maju, kita harus terus mengikuti perkembangan zaman,” ungkap pria yang akrab disapa Sandi ini.

Menurutnya, agar usaha terus berkembang yang paling penting adalah para pelaku usaha tidak mudah menyerah dan harus bisa memanfaatkan setiap peluang yang ada.

“Saya dulu juga seorang karyawan, dan menjadi korban PHK, lalu saya mencoba memulai membuka usaha yang di mulai dengan tiga orang karyawan dan alhamdulillah karena saya pantang menyerah, bisa menjadikan usaha terus berkembang,” terang Sandiaga Uno.

Disampaikannya, UMKM juga wajib bertransformasi ke arah digital dan terus berkolaborasi dengan memperluas koneksi. Kemudian, pelaku usaha harus bisa inovasi produk, mampu berkompetisi yang berfokus pada pasar serta mengikuti tren yang ada.

“Para pelaku usaha juga harus bisa mempermudah transaksi dengan memanfaatkan teknologi. Dengan menguasai hal tersebut, kita bisa menembus pasar ASEAN dan Internasional,” tegas Sandiaga Uno.

Tak hanya itu, untuk mempermudah proses pemasaran digital, para pelaku usaha harus mengetahui platform media sosial apa yang paling banyak digunakan, yang pertama adalah Youtube, TikTok, dan WhatsApp.

  • Bagikan