Selain Gagang Kulkas, Ini Sejumlah Perabotan Rumah yang Wajib Dibersihkan

  • Bagikan
Ilustrasi gagang pintu kulkas/Foto: Pixabay

HARIAN BERKAT – Anggota keluarga sering sakit atau kena infeksi? Bisa jadi sumber masalahnya ada pada barang-barang rumah tangga yang kotor.

Instruktur penyakit menular anak di Fakultas Kedokteran Universitas Washington, Andrew Janowski, menyarankan untuk memperhatikan barang yang sering disentuh.

Baca Juga: Studi Temukan Hubungan Olahraga dengan Kesehatan Mental

Di permukaan, sejumlah barang terlihat bersih. Namun realitanya, ada sekelompok kuman yang berpesta karena menemukan tempat ideal untuk berkembang biak.

Berikut sederet perabotan rumah yang wajib masuk dalam agenda bebersih, antara lain:

1. Gagang kulkas dan lemari

Saat membersihkan dapur, bersihkan gagang kulkas dan lemari. Anda bisa membersihkannya dengan air sabun, lalu bilas dan keringkan.

2. Tombol Microwave

Jangan lupa bersihkan tombol pada microwave, toaster dan alat lain yang tinggi sentuhan. Siapkan botol semprot dan tuang desinfektan secukupnya. Semprotkan ke area yang diinginkan, diamkan sejenak dan lap dengan kain microfiber.

3. Spons pencuci piring

Janowski berkata benda yang terekspos air lebih berisiko terkontaminasi bakteri.

“Lingkungan yang hangat, lembap pada spons pencuci piring adalah tempat yang ideal buat tumbuh bakteri,” ujar Janowski.

4. Kartu kredit

Pembayaran cashless diterapkan di berbagai lokasi perbelanjaan atau tempat umum lain. Kalau Anda sering pakai kartu debit, kartu kredit, kartu pembayaran dari bank lain, maka bersihkan kartu-kartu ini secara teratur.

  • Bagikan