Pj Ketua Dekranasda Windy Terima Penghargaan Tokoh Promosi Fashion Tenun Kalbar

  • Bagikan

HARIAN BERKAT  – Penjabat Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Provinsi Kalbar, Windy Prihastari Harisson, S.STP, M.Si, menerima penghargaan sebagai Tokoh Promosi Fashion Tenun Kalbar yang diserahkan oleh Ketua Indonesia Fashion Chamber (IFC) CHAPTER Pontianak, Arief Fitriansyah pada kegiatan Penutupan Pekan Tenun Kalimantan Barat Tahun 2024 di Gedung Dekranasda Provinsi Kalbar Sabtu Malam 31 Agustus 2024.

Kegiatan ini merupakan rangkaian penutupan kegiatan peringatan Hari Tenun Nasional yang rutin 7 September tahun 2024.

Baca Juga : Peringatan Hari Tenun Nasional 2024 Sukses di Gelar, Kerjasama Pemprov Kalbar Bersama Rumah Jepin

“Terima kasih dan apresiasi saya berikan kepada Rumah Jepin dan IFC Chapter Pontianak. Ini menjadi motivasi untuk semua masyarakat Kalbar khusunya para perempuan untuk terus mempromosikan wastra Kalbar dengan segala macam daya upaya dan dengan segala macam hambatan baik dari dalam maupun dari luar teruslah tanpa henti mempromosikan Wastra Kalbar, karena kalau tidak kita yang promosikan siapa lagi yang akan bangga dengan Wastra Kalbar,” ucap Windy.

Sebagai informasi, Workshop berencana Sebelum Menenun  dikhususkan untuk memproduksi kain tenun dengan tujuan sebagai bahan baku pembuatan pakaian.

Sehingga posisi motif tenun dapat disesuaikan dengan kebutuhan pola pakaian yang akan diproduksi. Sedangkan Workshop Powderisasi Pewarna Alami adalah program untuk melatih pelaku pewarna tenun untuk memproduksi pewarna alami berupa bubuk yang bisa disimpan lebih lama, sehingga pewarna selalu memiliki stok untuk setiap permintaan pewarnaan.

Baca Juga : Pj Gubernur Harisson Hadiri Resepsi Kebangsaan Malaysia ke 67 di Kalbar

Program edukasi lain yang diadakan oleh Rumah Jepin sebagai kontribusi bagi pemberdayaan pemuda, yaitu penyelenggaraan program Woven Fashion Design Competition 2024.

Baca Juga : Kalbar Zero Kelahiran Thalasemia Mayor

Program ini adalah  program untuk menjaring talenta fashion desain baru dari Kalbar. Kompetisi ini menerima 47 desain dan telah memilih 10 finalis yang telah melaksanakan proses mentoring bersama fashion designer yang tergabung dalam Indonesia Fashion Chamber (IFC) Chapter Pontianak.***

  • Bagikan