Kamerun Bekuk Brazil 1-0, Tapi Gagal Lolos ke 16 Besar

  • Bagikan
Penyerang Kamerun Vincent Aboubakar (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol kemenangan dalam pertandingan Grup G Piala Dunia 2022 lawan Brazil di Lusail Stadium, Doha pada 3 Desember 2022. Akan tetapi gagal lolos ke 16 besar. Foto: antaranews.com/AFP/issoef sanogo

Baca Juga: Jerman Terjungkir Meski Menang Lawan Costa Rica 4-2, Jepang Lolos 16 Besar

Kamerun membalas melalui tandukan Bryan Mbeumo, tetapi masih mampu digagalkan kiper Brasil, Ederson. Tidak ada gol tercipta hingga paruh pertama usai.

Selepas turun minum, kedua tim tetap bermain menyerang dan berusaha untuk mencetak gol, terutama Kamerun yang wajib menang untuk bisa lolos. Saling tukar-menukar serangan terjadi di awal-awal babak kedua, baik Brazil maupun Kamerun. Sayangnya upaya-upaya dari Kamerun dan Brazil lebih banyak tidak menemui sasaran.

Brazil memasukkan tiga pemain sekaligu pada menit ke-55. Marquinhos, Everton Ribeiro dan Bruno Guimaraes dimasukkan oleh pelatih Tite. Perubahan itu langsung memberikan dampak bagi timnas Brazil yang bermain lebih bertenaga.

Baca Juga: Maroko Juara Grup F Kalahkan Kanada 2-1, Lolos 16 Besar Bersama Kroasia

Tiga peluang tercipta lewat Martinelli, Eder Militao dan Antony. Namun, penampilan gemilang Epassy berhasil menyelamatkan dua dari tiga peluang tersebut dengan satunya menghantam tiang gawang.

Kamerun baru balas menyerang pada menit ke-78 lewat tendangan tendangan spekulasi Toko Ekambi. Sayangnya upayanya itu masih tidak terlalu kuat hingga berhasil diselamatkan kiper Brazil, Ederson.

Brazil kesulitan untuk membobol gawang Epassy, yang berkali-kali menggagalkan peluang-peluang dari tim Amerika Selatan itu.

Baca Juga: Australia Wakil Asia Pertama ke 16 Besar Piala Dunia di Grup D

Kamerun justru bisa memecahkan kebuntuan di masa injury time atau menit ke-90+3. Berawal dari pergerakan di sayap kanan, Jerome Mbekeli melakukan umpan silang yang kemudian disambut sundulan Aboubakar. Ederson tidak bisa berkutik dan hanya bisa melihat gawangnya kemasukkan. Skor 1-0.

Setelah melakukan selebrasi buka baju di pinggir lapangan, wasit utama Ismail Elfath memberikannya kartu kuning kedua. Kapten timnas Kamerun itu harus meninggalkan lapangan lebih cepat. Gol itu sekaligus mengakhiri pertandingan. Kamerun menang 1-0 atas Brazil.***

  • Bagikan