Waspada Paru-paru Basah, RSUD SSMA Kota Pontianak Gelar Penyuluhan

  • Bagikan
RSUD
RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak menggelar penyuluhan kesehatan kepada 35 pasien dan pengunjung rumah sakit tentang Pneumonia. FOTO : pkrs-humas/rsudssma

HARIAN BERKAT – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak menggelar penyuluhan kesehatan kepada 35 pasien dan pengunjung rumah sakit tentang Pneumonia, Senin 27 November 2023.

Salah satu penyuluh dari RSUD SSMA, Wayan Adelia Putri, S Ked menuturkan pneumonia adalah infeksi atau radang pada saluran nafas yang diakibatkan oleh mikroorganisme (bakteri, virus, jamur dan parasit). Gejala yang umum dialami seperti batuk, perubahan warna dahak menjadi kuning, kehijauan bahkan berdahak, sesak nafas, demam dan nyeri dada.

Baca Juga : RSUD SSMA Berbagi Informasi Tentang Skabies

“Diagnosa pneumonia dapat dilakukan dengan beberapa pemeriksaan seperti cek darah, foto rontgen, bronkoskopi dan ct scan,” kata Wayan penyuluh dari RSUD SSMA Kota Pontianak.

Penyluh lain dari RSUD SSMA Kota Pontianak, Jessica Dinanda, S Ked menambahkan jenis pneumonia menurut lokasi didapatkannya yaitu pneumonia komunitas (didapat dari masyarakat), pneumonia rumah sakit, didapat kurang lebih 48 jam di rawat di rumah sakit dan pneumonia ventilator didapat kurang lebih 48 jam menggunakan ventilator.

Pneumonia dapat menular melalui udara, saat batuk dan bersin, percikan cairan/droplet, serta saat menyentuh benda disekitar yang mungkin terkena droplet. Ada beberapa kondisi orang yang lebih rentan untuk terkena pneumonia.

  • Bagikan