Peneliti Temukan Cat Modern Anti Panas dan Anti Dingin

  • Bagikan
Cat
Ilustrasi cat rumah. Foto: freepik

HARIAN BERKAT – Isu yang sampai detik ini terjadi adalah soal pemanasan global yang katanya bumi semakin panas sepertinya nyata. Ditambah lagi musim yang sulit diprediksi membuat daya tahan eksterior dan interior rumah jadi cepat menurun.

Hal yang berhubungan langsung dengan panas matahari atau hujan salah satunya adalah cat rumah. Kini cat rumah dituntut bukan hanya untuk keindahan dan nilai estetika belaka tapi harus juga mampu melindungi dari terpaan panas atau suhu dingin yang ekstrem.

Ini beda dengan pelapis anti bocor atau peredam panas yang beredar di toko material karena ramuan cat buatan peneliti baru-baru ini berbeda dari sebelumnya.

Baca Juga: Peneliti: Merokok Bisa Sebabkan Penyusutan Otak

Luar biasanya daya tahan cat ini saat diuji selain anti air tapi juga tidak mengalami penurunan performa setelah terpapar suhu panas 80 °C (176 °F) atau dingin hingga -196 °C (-321 °F) selama seminggu!

Rahasia ramuan cat terbaru ini (dalam proses pengajuan hak paten AS. Appl. No.: 63/355193) adalah terdiri dari dua lapisan. Lapisan bawah mengandung gram halus aluminium yang bisa menolak radiasi infra merah yang mengenainya, mencegah panas masuk hingga 80%.

Sedangkan di lapisan atasnya terdapat lapisan luar yang sangat tipis dan transparan terbuat dari nanopartikel anorganik yang tersedia dalam berbagai warna.

  • Bagikan