10 Ciri-Ciri Smartphone yang Terinfeksi Malware

  • Bagikan
Smartphone
Ilustrasi fitur keamanan atau antivirus pada smartphone. Foto: freepik

HARIAN BERKAT – Interaksi dengan smartphone di zaman sekarang sudah menjadi kebutuhan primer karena smartphone digunakan untuk urusan pekerjaan, membeli makanan, kebutuhan rumah, membayar tagihan dan lain-lain.

Karena perannya yang begitu penting, kita harus menjaga smartphone baik hardware dan softwarenya. Kalau hardware mungkin lebih mudah karena bisa langsung dilihat. Tapi jika terkait software, seringkali orang tidak sadar bahwa smartphonenya sudah terinfeksi malware atau virus berbahaya.

Malware (malicious software) bisa mencuri data pribadi sampai data perbankan seperti username, PIN dan password aplikasi mobile banking. Oleh karena itu, kenali ciri-ciri smartphone yang sudah terinfeksi malware karena bisa berbahaya untuk keamanan data pribadi.

Malware bisa masuk ke dalam smartphone dengan banyak cara. Mungkin saja kita pernah membuka link/file dari sumber tidak dikenal atau secara tidak sengaja menginstal aplikasi dari sumber tidak resmi yang sebenarnya telah disisipi malware oleh pelaku kejahatan.

Baca Juga: Wallpaper Hitam pada Smartphone Dapat Menghemat Baterai? Begini Penjelasannya

Jika sudah telanjur menginstal dan memberikan izin, smartphone akan memberikan tanda-tanda yang sangat jelas. Berikut ciri-ciri smartphone yang sudah terinfeksi malware atau virus berbahaya:

1. Smartphone Menjadi Panas
Hawa panas yang dihasilkan ini menandakan bahwa malware sedang bekerja. Malware berusaha mengambil data dan mengirimkan ke server pelaku kejahatan dalam waktu yang cepat sebelum aplikasi tersebut dihapus. Hawa panas ini akan berlangsung pada 3-10 menit pertama.

2. Muncul Suara Aneh Saat Melakukan Panggilan Di Smartphone
Jika smartphone sudah ada malwarenya, maka malware tersebut akan merekam semua panggilan dan mengirimkannya ke server pelaku kejahatan. Proses perekaman ini akan memunculkan suara berdenging di telinga saat melakukan panggilan.

Suara tajam ini merupakan indikasi smartphone sudah diretas dari jarak jauh. Namun, perlu dibedakan antara suara berdenging dengan suara yang muncul akibat sinyal buruk. Suara sinyal buruk akan terdengar seperti robot.

Baca Juga: Hati-hati! Sering Chatting Bisa Terserang Sindrom Smartphone Pinky

3. Baterai Cepat Habis
Baterai smartphone biasanya memiliki daya tahan yang cukup panjang dalam pemakaian normal. Rata-rata smartphone bisa tahan mulai dari 6-9 jam untuk pemakaian berkirim pesan atau mendengarkan lagu. Namun, daya tahan ini bisa turun hingga 50 persen saat ponsel terinfeksi malware.

  • Bagikan