Bekas Gereja dan Museum di Turki akan Diubah Jadi Masjid

  • Bagikan
Masjid Hagia Sophia di Turki yang sebelumnya adalah sebuah gereja/Foto: Pixabay

HARIAN BERKAT – Direktorat Jenderal Yayasan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki akan mengubah sebuah museum yang juga bekas gereja Ortodoks Bizantium di Istanbul menjadi masjid pada Mei

Saat ini Masjid Kariye, yang pada tahun 1945 ditetapkan menjadi museum oleh pemerintah Turki, sedang mengalami restorasi.

Baca Juga: Presiden Turki Perintahkan Pejabatnya Tak Hadiri Forum Ekonomi Dunia, Ini Alasannya

Pernyataan dari badan pemerintah tersebut membantah laporan sebelumnya pada pekan ini yang dibuat oleh media pro-pemerintah, Yeni Safak.

Yeni Safak melaporkan bahwa proyek restorasi di Masjid Kariye telah selesai, dengan mencatat bahwa karpet yang dirancang khusus telah dipasang dan telah diputuskan untuk dibuka untuk beribadah pada hari Jumat, 23 Februari, setelah diserahkan kepada Kepresidenan Urusan Agama oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Terkenal dengan mosaik dan lukisan dinding Bizantium Akhir, bangunan ini awalnya dibangun sebagai Gereja Chora pada abad ke-6. Kemudian diubah menjadi masjid atas perintah Sultan Utsmaniyyah Bayezid II pada tahun 1511 Masehi, hampir 50 tahun setelah penaklukan Istanbul.

  • Bagikan