Mengenali Latihan Fisik bagi Lansia Penderita Diabetes di RSUD SSMA Pontianak

  • Bagikan
RSUD
Edukasi tentang Mengenali Latihan Fisik bagi Lansia Penderita Diabetes kepada 10 anggota komunitas diabetes di UPT RSUD SSMA Kota Pontianak. FOTO : pkrs-humas/rsudssma/2024

HARIAN BERKAT – Seiring bertambahnya usia, kesehatan fisik semakin menjadi prioritas utama, terutama bagi lansia yang menderita diabetes. Sangat disarankan bagi mereka untuk menjaga kesehatan fisik, salah satunya dengan melakukan olahraga secara teratur.

Namun, lansia sering dihadapkan pada tantangan tersendiri dalam menjalani aktivitas fisik maupun olahraga. Oleh karenanya, penting bagi lansia untuk mempertimbangkan kemampuan fisik dan kondisi kesehatan mereka sebelum memilih jenis olahraga yang sesuai.

“Adalah penting bagi lansia penderita diabetes untuk mengenal berbagai jenis olahraga yang cocok bagi mereka, seperti latihan aerobik atau kardiovaskular, latihan kekuatan, dan latihan fleksibilitas,” ungkap Ns Istafiyana Rahayu SKep saat memberikan edukasi tentang Mengenali Latihan Fisik bagi Lansia Penderita Diabetes kepada 10 anggota komunitas diabetes di UPT RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak, Jumat 14 Juni 2024.

Baca Juga : RSUD SSMA Pontianak Beri Tips Aman Konsumsi Hidangan Hari Raya Iduladha

Perawat Istafiyana menjelaskan bahwa latihan fisik pada lansia, terutama yang menderita diabetes, harus memprioritaskan faktor kenyamanan dan keselamatan untuk mencegah risiko cedera.

“Jenis latihan aerobik yang cocok bagi lansia penderita diabetes antara lain jalan kaki, naik turun tangga, berenang, bersepeda, dan menari atau senam. Latihan ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, sirkulasi darah, dan mengatur kadar gula dalam darah,” jelas Istafiyana dihadapan anggota komunitas diabetes di UPT RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak.

RSUD
edukasi tentang Mengenali Latihan Fisik bagi Lansia Penderita Diabetes kepada 10 anggota komunitas diabetes di UPT RSUD SSMA Kota Pontianak. FOTO : pkrs-humas/rsudssma/2024
  • Bagikan