Planet Apa yang Terdekat Dengan Bumi?

  • Bagikan
Planet
Venus (tengah-kanan), selalu lebih terang daripada semua planet atau bintang lain pada kecerahan maksimalnya, seperti yang terlihat dari Bumi. Foto: wikipedia

HARIAN BERKAT – Kita pasti pernah bertanya-tanya, “Planet mana yang paling dekat dengan Bumi?” Pertanyaan ini mengantarkan kita pada penjelajahan ruang angkasa yang menarik. Mari kita telaah lebih dalam!

Planet adalah sebuah benda langit yang mengelilingi bintang (biasanya bintang seperti Matahari) dalam suatu orbit. Planet memiliki massa yang cukup besar sehingga gravitasinya cukup kuat untuk membuat bentuk bulatnya sendiri, namun tidak cukup besar untuk membakar hidrogen di intinya seperti yang terjadi pada bintang.

Planet juga tidak memancarkan cahaya sendiri, melainkan mengandalkan cahaya yang dipantulkan dari bintang yang mengelilinginya. Pada tata surya kita, ada delapan planet yang mengelilingi Matahari: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

Baca Juga: Apakah Bakteri Dapat Bertahan di Luar Angkasa?

Dalam tata surya kita, Bumi adalah salah satu dari delapan planet yang mengelilingi Matahari. Jarak antara Bumi dan planet lainnya bisa berubah tergantung pada posisi relatif mereka dalam orbit. Hal ini disebabkan oleh bentuk dan kecepatan orbit masing-masing planet.

  • Bagikan