Cerdas Cermat Meningkatkan Wawasan Kebangsaan Agar Lebih Memahami Pancasila

  • Bagikan
Lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan tingkat SD, SMP dan SMA Sederajat. Foto: Humas

HARIAN BERKAT –Kepolisian Resor Melawi Jajaran Polda Kalbar bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi Dinas Pendidikan menggelar kegiatan cerdas cermat wawasan kebangsaan tingkat SD, SMP dan SMA Sederajat. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara Ke-76 di Satwil Polres Melawi.

Tujuan dilaksanakannya lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan ini yaitu untuk meningkatkan wawasan kebangsaan kepada generasi muda agar lebih memahami Pancasila dan UUD 1945.

Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, menyampaikan ucapan terimakasihnya dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Melawi khususnya Dinas Pendidikan yang telah memfasilitasi tempat, panitia dan lain sebagainya dalam kegiatan lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara Ke-76.

Baca Juga : Cerdas Cermat Tingkat Pelajar, Beri Pemahaman Wawasan Kebangsaan

“Terima kasih kepada bapak, ibu dan adik-adik yang sudah hadir dalam kegiatan lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan ini,” ujarnya.

Kapolres AKBP Sigit Eliyanto pun berharap generasi penerus Bangsa agar memiliki jiwa dan wawasan kebangsaan yang kuat, serta memahami dan mengerti arti nilai-nilai luhur Pancasila, adat istiadat maupun UUD 1945 dan memiliki jiwa toleransi antar umat beragama serta kecintaan terhadap NKRI.

“Nilai-nilai Kebangsaan, nilai-nilai luhur Pancasila dan kecintaan terhadap NKRI ini harus terus kita berikan kepada generasi muda Bangsa ini. Kedepannya, mereka-mereka inilah pemimpin dimasa depan Bangsa dan Negara ini. Oleh sebab itu, harus ditanamkan sejak dini nilai-nilai wawasan kebangsaan ini kepada para pelajar baik tingkat SD, SMP dan SMA sederajat di Kabupaten Melawi melalui kegiatan cerdas cermat ini,” ujarnya.

Turut hadir Bupati Melawi diwakili oleh Sekda, LO Kodim 1205/Stg, Wakapolres Melawi Kompol Asmadi, Kepala DPMD Kabupaten Melawi, Kadis Pendidikan Kabupaten Melawi, Perwakilan Bhayangkari Cabang Melawi, para Kepala Sekolah dan guru-guru pendamping peserta lomba, para juri dan peserta lomba cerdas cermat yang berjumlah 45 peserta.

Adapun sekolah yang berpartisipasi dalam kegiatan ini yaitu tingkat sekolah dasar (SD) SDN 03 Nanga Pinoh, SDN 06 Nanga Pinoh, SDN 13 Nanga Pinoh, SD Muhammadiyah Nanga Pinoh dan SD Islam Terpadu Insan Kamil Nanga Pinoh.

  • Bagikan