Pj Sekda Kalbar M Bari Pimpin Upacara Hari Berkabung Daerah di Makam Juang Mandor

  • Bagikan
Kalbar
Pj Sekda M Bari Pimpin Upacara Hari Berkabung Daerah di Makam Juang Mandor. FOTO : Pemprov Kalbar

HARIAN BERKAT – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, Mohammad Bari, S.Sos, M.Si, mewakili Pj Gubernur Kalbar memimpin Upacara Hari Berkabung Daerah di Makam Juang Mandor. Upacara ini digelar hari jumat 28 Juni 2024 dalam rangka memperingati Peristiwa Mandor, tragedi pembantaian massal yang dilakukan oleh tentara Jepang pada Tahun 1944.

Upacara ini diawali dengan penghormatan kepada bendera Merah Putih, mengheningkan cipta, dan pembacaan doa bersama para peserta yang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Kalbar, Aparatur Sipil Negara (ASN), para tokoh masyarakat, veteran, ahli waris korban Peristiwa Mandor, dan para undangan lainnya.

Baca Juga : Pj Gubernur Kalbar Harisson Pinta Semua Sigap untuk Antisipasi Isu-Isu Terkini

Barri menyampaikan, bahwa Hari Berkabung Daerah ini merupakan momen penting untuk mengenang sejarah kelam dan menumbuhkan rasa nasionalisme di kalangan masyarakat. Peringatan ini juga menjadi pengingat untuk selalu menjaga perdamaian dan melawan segala bentuk penindasan.

Barri juga berpesan kepada generasi muda Kalimantan Barat, agar menjadikan Hari Berkabung Daerah ini sebagai momentum untuk mempelajari sejarah, menumbuhkan rasa nasionalisme, dan menjaga persatuan.

Kalbar
Pj Sekda Kalbar M Bari Pimpin Upacara Hari Berkabung Daerah di Makam Juang Mandor. FOTO : Pemprov Kalbar

“Sebagai generasi penerus, kalian memiliki tanggung jawab untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan dan membangun Kalimantan Barat yang lebih baik,” ujar Barri.

  • Bagikan