DMI  Bersama Buya Arazzy Hadir Ciptakan Ukhuwah Islamiyah Kepada Takmir Masjid  se Kalbar

  • Bagikan
DMI 
Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kalbar dan KPU Provinsi Kalbar jalin kolaborasi memupuk semangat ukwah islamiyah hadirkan Ulama Nasional, Arrazy Hasyim atau Buya Arrazy. FOTO : (*)

HARIAN BERKAT – Kementerian Agama, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kalimantan Barat (Kalbar), dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalbar menjalin kolaborasi dalam upaya memupuk semangat ukwah islamiyah serta mencegah penggunaan masjid sebagai sarana praktik politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kolaborasi ini mencapai puncaknya dalam acara yang diadakan pada Kamis pagi, 24 Agustus 2023, di Aula Masjid Raya Mujahidin Pontianak.
Kegiatan ini sendiri di hadiri sebanyak 450 orang Pengurus Masjid/Takhmir Se-Kalbar.

Pada acara tersebut hadir Ulama Nasional, Dr. H. Arrazy Hasyim, Lc., S.Fil.i., M.A.Hum, atau yang lebih dikenal sebagai Buya Arrazy, menjadi pembicara utama.

Baca Juga : Walikota Pontianak Minta DMI Lakukan Inovasi dan Terobosan Bisa Berdampak Bagi Umat

Buya Arrazy menegaskan bahwa sejak tahun 2016, ia telah mengajarkan kepada seluruh pengurus masjid (takhmir masjid) untuk turut serta dalam aktivitas politik yang santun, mengikuti teladan Rasulullah dalam berpolitik.

Ia menekankan bahwa Rasulullah tidak hanya bersikap santun dalam berinteraksi dengan sesama Muslim, tetapi juga dalam berurusan dengan non-Muslim.  Buya Arrazy mengajak agar semua calon legislatif (caleg) dan partai Islam berpolitik dengan penuh penghormatan, tanpa retorika kasar atau provokatif.

Buya Arrazy juga mengingatkan tentang peran masjid di zaman Rasulullah, di mana masjid menjadi pusat kegiatan politik karena belum ada istana dan lembaga pemerintahan seperti sekarang.
Namun, dalam konteks sekarang, dengan adanya institusi pemerintah dan Pemilu, politik harus dijalankan dengan cara yang lembut dan menghormati nilai-nilai agama.

Ia menegaskan bahwa caleg yang menggunakan agama sebagai alat politik harus bertanggung jawab di hadapan Allah SWT.

  • Bagikan