Waspada! Jenis-jenis Makanan Ini Bisa Membuat Otak Lama Bekerja

  • Bagikan
Foto: Ilustrasi otak manusia/PMJ

HARIAN BERKAT – Kondisi saat seorang kesulitan fokus terhadap suatu hal bisa disebabkan karena konsumsi makanan tertentu.

Kondisi tersebut bisa terjadi jika seseorang mengalami stress atau kesedihan. Bisa juga terjadi kepada mereka yang sedang mengalami perimenopause (untuk wanita), dan juga merasa kelelahan.

Baca Juga: Makanan-makanan Ini Diyakini Ampuh untuk Cegah Kanker Payudara

Berikut sederet jenis makanan yang perlu dihindari untuk mencegah otak menjadi sulit fokus, antara lain:

1. Makanan yang digoreng

Rasa dan tekstur gorengan yang renyah memang sering kali membuat ketagihan. Namun, gorengan bukanlah pilihan tepat untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan. Termasuk kesehatan otak.

Orang yang sering makan gorengan, cenderung mendapat hasil lebih buruk ketika mereka menjalani tes kemampuan berpikir. Kemungkinan alasannya karena makanan yang digoreng mengandung banyak lemak jahat. Lemak itu menyebabkan peradangan yang dapat merusak pembuluh darah, memasok darah ke otak, sampai akhirnya melukai otak itu sendiri.

2. Makanan manis

Makanan manis seperti donat atau kue manis lainnya juga sebaiknya dihindari. Makanan ini memang enak dan bisa memuaskan keinginan makan manis, tetapi dikonsumsi secara berlebihan bukanlah pilihan tepat.

Donat umumnya digoreng dan dilengkapi dengan gula. Kombinasi buruk ini bisa menyebabkan peradangan ganda akibat proses penggorengan dan tambahan gula.

Baca Juga: Bersihkan Darah Kotor dengan Mengkonsumsi Makanan-makanan Ini, Apa Saja?

Penelitian pun mengaitkan tingginya kadar gula dalam darah dengan demensia. Buruknya lagi, kebanyakan donat mengandung lemak trans, bahkan bahan lain yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh otak.

3. Roti dan nasi putih

  • Bagikan