Berstatus ODF dan Punya Air Bersih, Desa Embaleh Menuju Desa Berkembang

  • Bagikan
Desa
Wakil Ketua DPRD Sintang saat menyerahkan piagam kepada Kades Embaleh Baharun yang sukses membawa desa tersebut berstatus ODF. FOTO : (*)

HARIAN BERKAT – Warga Desa Embaleh, di Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang sedang diselimuti kebahagiaan karena berhasil mencapai status Open Defecation Free (ODF) atau desa yang masyarakatnya tidak lagi buang air besar sembarangan.

Selain menyandang desa ODF, seluruh rumah di desa yang dinahkodai Kepala Desa (Kades) bernama Baharun ini, sekarang tidak sulit lagi mendapatkan air bersih karena telah terpasang pipa air bersih yang teraliri dari bukit sekitar.

Dengan begitu, warga tidak perlu lagi pergi ke sungai untuk buang air besar atau kecil dan cukup ke toilet yang sudah tersedia di belakang rumah masing-masing. Toilet sudah terpasang di seluruh sebanyak 112 rumah bagi 115 Kepala Keluarga (KK) untuk warga Desa Embaleh.

Pencanangan status desa ODF sekaligus sudah berfungsinya air bersih di Desa Embaleh itu, dihadiri langsung Ketua DPRD Sintang Florensius Rony dan Wakil Ketua DPRD Sintang Heri Jamri. Tampak pula, Camat Ketungau Hulu Randi Nahum, pada Rabu 29 November 2023.

Baca Juga : Bank Indonesia Apresiasi Galeri Rumah Belajar Kain Pantang Sintang

Kades Embaleh Baharun berujar deklarasi status ODF desa yang dipimpinnya bukan hal mudah, sebab membutuhkan waktu panjang dan komitmen tinggi untuk mewujudkannya. Menurutnya, mengubah kebiasaan sebagian masyarakat tidak buang air besar di sungai atau tempat sembarangan sangat berat ditambah lagi belum tersedia infrastruktur pendukung seperti toilet dan air bersih.

“Hari ini (Rabu) sejarah bagi Desa Embaleh karena kami deklarasi ODF yang awalnya sangat susah perjalanan kami menuju desa berstatus ODF. Puji tuhan sejak 2021 kami bedah rumah, dari situ kami mulai optimis ingin berstastus ODF yang sudah kami mimpikan sejak 2019 dan sekarang terwujud,” kata Baharun terlihat bahagia.

Oleh karena itu, dia berterimakasih kepada DPRD Kabupaten Sintang terutama kepada Wakil Ketua DPRD Heri Jamri yang mendorong agar Desa Embaleh supaya memperoleh bantuan infrastruktur perbaikan fisik rumah, air bersih, dan jalan Desa Embaleh-Sungai Areh melalui anggaran APBD Sintang.

“Saya juga berterimakasih kepada warga saya sendiri, yang ambil batu di sungai berbondong-bondong gotong royong untuk bangun WC permanen. Terimakasih juga kepada PT. Kiara Sawit Abadi (KSA) yang membangun dan memperbaiki jalan (akses desa), lapangan bola, dan jalan sekolah SMP,” tutur Baharun.

Dalam kesempatannya, Florensius Rony mengatakan senang dengan keberhasilan Kades Embaleh Baharun yang mampu memotivasi warganya agar tidak buang air sembarang lagi. Dia meminta agar warga Embaleh konsisten mendukung program ODF selamanya.

“Perangkat desa sudah berupaya dan mohon didukung oleh masyarakat apalagi ini menyangkut kesehatan bersama. Kebersihan lingkungan juga mempengaruhi kondisi stunting, sehingga anak cucu di desa ini sehat,” ujar Florensius.

  • Bagikan