3 Makanan Khas Indonesia Ini Terbuat dari Olahan Susu

  • Bagikan
Makanan
Dangke adalah makanan khas Toraja, Sulawesi Selatan yang terbuat dari susu kerbau. Foto: facebook.com/KhasEnrekang

HARIAN BERKAT – Susu bisa dibilang memang bukan makanan konsumsi lokal masyarakat Indonesia secara luas. Pemanfaatan hewan ternak di Indonesia lebih kepada daging yang dikonsumsi.

Sedangkan untuk mengkonsumsi susu mulai diperkenalkan sebagai makanan bergizi di masa kolonial. Penasaran dengan olahan susu yang akhirnya menjadi makanan khas nusantara ini, mari kita kulik.

Dadiah
Pertama-tama ada dadiah, produk susu fermentasi khas dari Minangkabau, Indonesia. Dadiah ini mirip dengan yogurt, tetapi dibuat dengan cara yang berbeda. Dadiah dibuat dengan menggumpalkan susu kerbau segar menggunakan ragi tradisional dan kemudian difermentasikan dalam wadah bambu atau tempurung kelapa.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Indonesia Ini Ternyata Berasal dari Belanda

Dadiah biasanya memiliki rasa yang asam, segar dan sedikit manis. Anda dapat menikmatinya sebagai camilan dengan tambahan gula merah atau madu untuk memberikan cita rasa yang lebih kaya.

Dadiah juga sering digunakan sebagai bahan dalam masakan Minangkabau, seperti rendang. Hidangan ini populer di Sumatera Barat dan sekitarnya serta menjadi bagian penting dari budaya kuliner Indonesia.

Dangke
Dangke adalah makanan khas dari daerah Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia. Dangke terbuat dari susu kerbau atau sapi yang diolah dengan cara tradisional. Susu murni direbus sampai mendidih lalu diberikan campuran getah pepaya yang berguna untuk memisahkan serat susu (protein) dengan air.

Baca Juga: Wajib Dicoba! Ini 7 Khasiat Teh Tawar bagi Tubuh

  • Bagikan