Ketua DPRD Sambas Apresiasi Pelaksanaan RPJMD Tahun Kedua

  • Bagikan
H Abu Bakar, Ketua DPRD Kabupaten Sambas. Foto: harianberkat.com

“Kondisi ini ditunjukkan dengan beberapa indikator makro pembangunan daerah yang mengarah pada kondisi yang menggembirakan dan berada pada jalur yang tepat, antara lain laju pertumbuhan ekonomi yang semakin baik, capaian infrastruktur dasar dalam kondisi mantap dan beberapa aspek lainnya,” ujar H Abu Bakar.

Sesuai pengantar dari Bupati Sambas, laju pertumbuhan ekonomi pada tahun 2022 sudah membaik dan berada pada capaian 4,64 persen. Untuk tahun 2023, laju pertumbuhan ekonomi semakin membaik menjadi 4,69 persen, dari yang ditargetkan pada kisaran 4,6-5,2 persen.

“Kondisi ini menunjukkan bahwa kegiatan perekonomian di kabupaten sambas mulai kembali tumbuh dengan semakin maraknya aktifitas perekonomian masyarakat,” jelas Ketua DPRD.

Persentase tersebut berada di atas rata-rata laju pertumbuhan ekonomi provinsi kalimantan barat yakni 4,46 persen, namun berada di bawah rata-rata nasional yakni 5,05 persen.

“Kedepannya, bersama kita harus memberikan dukungan kepada pemerintah daerah yang tentu akan tetap berupaya dan berikhtiar secara lebih keras untuk menjaga serta meningkatkan momentum pertumbuhan ini,” imbuh H Abu Bakar.

Terkait Capaian Infrastruktur dasar dalam kondisi mantap, Komposit infrastruktur dasar dalam kondisi mantap meliputi jalan kabupaten dalam kondisi mantap, ditargetkan 71,76 persen dengan capaian sebesar 71,79 persen.

Jalan poros desa dalam kondisi mantap, ditargetkan 63,1 persen dengan capaian sebesar 63,52 persen, rasio jaringan irigasi, ditargetkan 31,4 dengan capaian 31,64, tersedianya dermaga untuk melayani aksesibilitas orang dan barang, ditargetkan 65,65 persen dengan capaian 67,47.

Rumah tangga yang menempati hunian dengan akses air minum, ditargetkan 62,24 persen dengan capaian 63,71 persen, rumah tangga bersanitasi, ditargetkan 83,09 persen dengan capaian 83,44 persen dan cakupan ketersediaan rumah layak huni, ditargetkan 80,34 persen dengan capaian 80,81 persen. ***

Penulis: Marupek
  • Bagikan