Festival Cap Go Meh Meriah, Wakil Bupati Mempawah Ajak Lestarikan Kekayaan Budaya

  • Bagikan
Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi didampingi Forkorpimda saat melepas pawai tatung, naga dan barongsai pada Festival Cap Go Meh di Sungai Pinyuh. Foto Prokopim Mempawah

HARIAN BERKAT- Perayaan Festival Cap Go Meh di Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Minggu 5 Februari 2023, berlangsung semarak.

Ribuan warga Kabupaten Mempawah tumpah ruah di Pasar Kecamatan Sungai Pinyuh menyaksikan atraksi ratusan tatung, barongsai dan naga.

Baca Juga : BPBD Kapuas Hulu Ikut Amankan Perayaan Puncak Acara Cap Go Meh

Secara resmi perayaan CGM tahun 2023 Kabupaten Mempawah yang dipusatkan di halaman Kelenteng Tri Dharma Bakti Sungai Pinyuh dibuka Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi.

Ketua Panitia Imlek 2574 dan CGM 2023, Sony Susanto mengatakan Festival CGM di Kabupaten Mempawah yang dipusatkan di Kecamatan Sungai Pinyuh sudah berlangsung sejak 2003 lalu.

“Untuk tahun ini Festival CGM diikuti 72 tandu tatung, serta diiringi 200 lebih tatung dan louya se-Kabupaten Mempawah yang menjadi rekor baru jumlah tandu, tatung dan louya sejak kegiatan ini diselenggarakan,” ujarnya.

Para tatung ini, imbuh Sony, akan berkeliling Pasar Sungai Pinyuh melakukan ritual cuci jalan membersihkan lingkungan dari hal-hal buruk atau negatif agar dapat memberikan kedamaian dan ketentraman bagi warga.

“Selain tatung, Festival CGM juga dimeriahkan dengan atraksi naga raksasa bernama Fuk Liung sepanjang 80 meter, Reog Ponorogo, kendaraan hias, serta seni budaya lainnya,” katanya.

Tidak lupa, ia mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh masyarakat maupun pihak keamanan, sehingga pelaksanaan perayaan CGM di Kecamatan Sungai Pinyuh dapat berjalan tertib, aman dan lancar.

“Semoga tahun depan perayaan CGM di Sungai Pinyuh dapat semakin meriah dan menjadi agenda wisata dan budaya andalan Kabupaten Mempawah yang mendatangkan banyak wisatawan,” ucapnya.

Sedangkan Wakil Bupati Muhammad Pagi menyebut perayaan CGM merupakan warisan dari etnis Tionghoa dan telah tumbuh, serta berkembang menjadi kekayaan budaya lokal.

  • Bagikan